Selasa, 26 Agustus 2008

Kisah si Tukang Ledeng

Suatu hari bos MercedezBenz mempunyai masalah dengan kran air dirumahnya.
Kran itu selalu bocor hingga dia kawatir anaknya terpeleset jatuh.
Atas rekomendasi seorang temannya, Mr. Benz menelpon seorang tukang ledeng untuk memperbaiki kran miliknya.
Perjanjian perbaikan ditentukan 2 hari kemudian karena situkang ledeng rupanya cukup sibuk. Si tukang ledeng sama sekali tidak tahu bahwa si penelpon adalah bos pemilik perusahaan mobil terbesar di Jerman.
Satu hari setelah ditelpon Mr.Benz, pak tukang ledeng menghubungi Mr.Benz untuk menyampaikan terima kasih karena sudah bersedia menunggu satu hari lagi. Bos Mercy-pun kagum atas pelayanan dan cara berbicara pak tukang ledeng.
Pada hari yang telah disepakati, si tukang ledeng datang ke rumah Mr.Benz untuk memperbaiki kran yang bocor. Setelah kutak sana kutak sini, kranpun selesai diperbaiki dan pak tukang ledeng pulang setelah menerima pembayaran atas jasanya .
Sekitar 2 minggu setelah hari itu, si tukang ledeng menghubungi Mr.Benz untuk menanyakan apakah kran yang diperbaiki sudah benar-benar beres atau masih timbul masalah?
Mr. Benz berpikir pasti orang ini orang hebat walaupun cuma tukang ledeng . Mr. Benz menjawab ditelepon bahwa kran dirumahnya sudah benar-benar beres dan mengucapkan terima kasih atas pelayanan pak tukang ledeng.
Tahukah anda bahwa beberapa bulan kemudian Mr. Benz merekrut si tukang ledeng untuk bekerja di perusahaannya? Ya , namanya Christopher L. Jr. Saat ini beliau adalah General manager Customer Satisfaction and Public Relation di Mercedez Benz! “
Moral dari cerita ini adalah:
Service Excellent adalah mengenai bagaimana anda bertanggung jawab terhadap “Customer Peace of Mind” sehingga tercipta hubungan kerja beralaskan ” Mutual Trust/Kerpercayaan Berkesinambungan”. Yang mana ini dimulai dari rasa tanggung jawab anda terhadap hasil kerja anda sehari-hari baik internal (sesama karyawan) atau external (customer/client).
Jadi biasakanlah untuk selalu bertanggung jawab terhadap hasil kerja anda. Lakukanlah tiap hari baik dikantor terhadap sesama karyawan, terhadap bawahan, terhadap atasan atau bahkan dirumah terhadap keluarga anda. Niscaya anda mendapat keharmonisan dikantor maupun dirumah.

Tidak ada komentar: